KOMPARASI METODE LATIHAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ

Authors

  • Vristiliana Vristiliana
  • Dewi Sulitiyarini IKIP PGRI Pontianak
  • Vindo Feladi

Keywords:

Perbandingan, Metode Pembelajaran latihan, Metode Pembelajaran Demonstrasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKJ antara siswa yang diterapkan metode pembelajaran latihan dengan metode pembelajaran demonstrasi di pembelajaran desain grafis. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Ngabang dengan desain penelitian menggunakan pretest posttest Nonequivalent Control Design. Instrumen yang digunakan adalah dengan menggunakan rubrik penilaian atau unjuk kerja untuk pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Latihan lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menggunakan metode demonstrasi. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis pretest dan posttest pada kelas yang menggunakan metode latihan ataupun metode demonstrasi berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat pada baris Asymp. Sig (2-tailed) dimana pada pretest metode latihan adalah 0,175, pretest metode demonstrasi adalah 0,079, posttest metode latihan adalah 0,110, dan posttest metode demonstrasi adalah 0,149. Melihat data-data tersebut diketahui seluruh nilai signifikasi lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini merupakan data yang berdistribusi normal.

References

Hutamanda, D.D.R., & Suhartiningsih. 2016. Pengaruh Metode Demonstrasi Pada Kompetensi Dasar Penataan Sanggul Up Style Di Kelas XI Kecantikan Rambut SMK Negeri 2 Jombang. E-Journal Universitas Negeri Surabaya. Vol 05, No 03. Hal 108-115.

Lestari, T., Wujoso, H., & Suryani, N. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus dan Metode Drill terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Kompetensi Dasar Efisiensi Penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Volume 7, Nomer 1. Hal 16-23.

Majid, A. 2013. Pengembangan Metode Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sari, N., & Maryatun. 2016. Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Semester Genap Smk Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol 4, No.2. Hal 69-77.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syaiful, 2008, Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Rineka Cipta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Invatif Progresif. Jakarta :Kencana Prenada Group.

Yusuf, M,E., Suharmanto, A., & Murdani. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Standar Kompetensi Mengukur. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol 14, No 1. Hal 40-44.

Zuyadi, Silahuddin, & Lastya H. A. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Dalam Materi Hukum Ohm Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. Vol 2, No 2. Hal 61-70.

Downloads

Published

2019-09-19

How to Cite

Vristiliana, V., Sulitiyarini, D., & Feladi, V. (2019). KOMPARASI METODE LATIHAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer (JPTIK), 1(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPTIK/article/view/133

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.