PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Rudiansyah Rudiansyah
  • Ryan Permana
  • Vindo Feladi

Keywords:

Blanded Learning dan Eksperimen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1)Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis Blended Learning pada materi menganalisis pembuatan E-Book di kelas X Multimedia 1 SMK Mandiri Pontianak; (2)Hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Blended Learning pada materi menganalisis pembuatan E-Book di kelas X Multimedia 1 SMK Mandiri Pontianak; dan (3)Pengaruh sebelum dan sesudah model pembelajaran berbasis Blended Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi menganalisis pembuatan E-Book di kelas X Multimedia 1 SMK Mandiri Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen, bentuk penelitian ini adalah Pre eksperimental design, dengan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil analisis data tersebut dilakukan uji statistik menggunakan uji-t berdasarkan perhitungan diperoleh nilai siginifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan terdapat pengaruh model pengaruh model pembelajaran ­berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa di kelas X Multimedia 1 SMK Mandiri Pontianak. Hal ini menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

References

Castle, S. R., & McGuire, C. (2010). An Analysis of Student Self-Assessment of Online, Blended, and Face-to-Face Learning Environments: Implications for Sustainable Education Delivery. International Education Studies, 3(3), 36–40. https://doi.org/10.5539/ies.v3n3p36

Carman, J. (2005). Blended Learning design: Five key ingredients, diunduh 20 Maret 2011, dari. PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK, 2.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2008). e-Learning and the Science of Instruction. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Jordan. M. 2004 Mengelola Pelatihan Partisipatif, Media Pelatihan. Jakarta.

Jusoff, K. & Khodabandelou, R. 2009. Preliminery Study On The Role Of Social Presence In Blended Learning Environment In Higher Education. Journal of International Education Studies., vol 2 no 4, 82.

Downloads

Published

2020-01-16

How to Cite

Rudiansyah, R., Permana, R., & Feladi, V. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer (JPTIK), 1(1), 29–37. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPTIK/article/view/136

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.