PERBEDAAN PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Jakaria Jakaria
  • Erni Fatmawati
  • Tri Kurniawati

Keywords:

Model Pembelajaran, picture and picture, example non example.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture; 2) Rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe example non example; 3) Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture dengan example non example. Metode penelitian eksperimen, bentuk penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Design. Populasi penelitian siswa kelas XII SMAN 1 Galing Kabupaten Sambas dengan sampel penelitian berjumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dengan alat berupa tes. Hasil penelitian: 1) Rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran picture and picture adalah 75,55 tergolong baik; 2) Rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran example non example adalah 75,5; 3) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture dengan model pembelajaran tipe example non example ditinjau dari hasil belajar siswa SMAN 1 Galing Kabupaten Sambas

References

Astuti, W. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dan Example Non Example pada materi fungsi Menu Dan Ikon Pengolah Kata Kelas VIII SMP N 2 Kembayan Kabupaten Sanggau. Pontianak: Skripsi tidak diterbitkan.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fatmawati, E. dan Fathurrahman. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples. Makalah dalam Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak di Pontianak 14 Oktober 2017: Peningkatan Mutu Pendidikan MIPA dan Teknologi untuk Menunjang Pembangunan Berkelanjutan.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suprijono. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya

Downloads

Published

2020-01-16

How to Cite

Jakaria, J., Fatmawati, E., & Kurniawati, T. (2020). PERBEDAAN PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer (JPTIK), 1(1), 45–54. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPTIK/article/view/134

Issue

Section

Articles