PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA SMK ETHIKA PONTIANAK

Authors

  • Tyara Hardyanti Suharno
  • Chandra Lesmana
  • Ryan Permana

Keywords:

Research and Development, E-Learning, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak, (2) Rancangan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak, (3) Uji kelayakan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak, (4) Respon guru dan siswa menggunakan media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika pontianak. Metode Penelitian yang digunakan   dalam   penelitian   ini   adalah   penelitian   dengan   pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari subjek pengembangan ( ahli atau validator) dan subjek uji coba produk guru dan siswa.. Kelayakan media pembelajaran berbasis e-learning diperoleh nilai rata-rata 85,79% dengan kata lain media pembelajaran ini sangat layak digunakan. Respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis e-learning pada SMK Ethika Pontianak mendapat  respon  yang  baik  dari  guru  dan  siswa  dibuktikan  dengan  prolehan angket uji coba terbatas 78,38% dengan kategori setuju dan uji coba lapangan utama 79,45% dengan kategori setuju

References

Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Amiroh,(2012). Kupas Tuntas Membangun E-learning Dengan Learning Management System Moodle. Sidoarjo : Genta Group Production.

Agile Eldison Fitrada, P. W. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran E- learning Berbasis Moodle Pada Kompetensi Dasar Dasar Elektronika Di SMK Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol.4 No.2 463-467.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2006. Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Jakarta : Lukmana, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Darmawan D. (2016) Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Desinta Dwi Nuriyanti. 2013. Pengembangan E-learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak Di SMA Negeri 1 Purbalingga. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Esa Manggala, M. A. (2018). Pengembanga E-learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Sekolah Menengah Kejuruan. Artikel Penelitian , 2-7.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : Rajawali Pers.

Ginanjar Dwi Basuki. (2015). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Kotagede 1. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusrini, (2007) Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta : CV. Andi.

Malik, N. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Interaktif Model Simulasi Mata Kuliah Rangkaian Listrik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FT-UNM. Jurnal MEDTEK. Vol 2 (1), April 2010. Diakses 2 Desember 2014 tersedia: repository.upi.edu.

Nurwinta Yuliastuti, P. E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis E-learning dengan Moodle untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Tema Pengelolaan Sampah. Jurnal Pendidikan Fisika , Vol.2. No.1. Halaman 15.

Rahman, Reza. (2009). Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan. Jakarta : Buku Kita

Sugiyono, (2016) Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Siahaan, Sudirman, 2004. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. Halaman 42.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

S. Eko Putro Widoyoko, 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tiara. 2015. Pengembangan Media e-learning berbasis moodle pada kompetensi dasar jurnal untuk siswa kelas XII IPS semester gasal di SMA Negeri 4 Jember. Prosiding seminar nasional pendidikan ekonomi dan bisnis. Halaman 1-8.

Wahono, Romi Satria. Pengantar e-Learning dan Pengembangannya. [Online] Available http://ilmukomputer.org/2008/11/25/pengantar-elearning-dan- pengembangannya/. 30 Agustus 2018.

Yakub, (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu

Downloads

Published

2019-09-19

How to Cite

Suharno, T. H., Lesmana, C., & Permana, R. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA SMK ETHIKA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer (JPTIK), 1(1), 10–20. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPTIK/article/view/132

Issue

Section

Articles