ANALISIS PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMIK (COVID-19) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP PGRI PONTIANAK

Mustika Sari, Nawawi Nawawi, Handi Darmawan

Abstract


Wabah penyakit pandemik akibat virus corona (COVID-19) telah mempengaruhi dunia pendidikan tinggi di Indonesia, termasuk pelaksanaan perkuliahan di Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak. Mahasiswa harus melaksanakan perkuliahan daring (online) untuk mencegah penyebaran virus corona. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak selama masa pandemi (COVID-19). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuanitatif dengan pengambilan data dilakukan melalui angket online kepada 95 orang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Berdasarkan hasil angket diperoleh 44,22% responden lebih suka dengan perkuliah tatap muka(offline), 89,47% dosen menggunakan aplikasi Whatsapp dan 89,47% responden menyukai aplikasi whatsapp untuk pembelajaran online. Sekitar 37,89% kendala terbesar dalam pembelajaran online adalah boros kuota, NamunĀ  57,89% responden merasakan sangat terbantu dengan dapat berkomunikasi dengan dosen melalui grup whatsapp, sehingga 38% responden memahami materi yang disampaikan secara online.


Full Text:

PDF

References


Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 1-6.

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70.

Hariyatmi, H., Krisnaningrum, A., & Megatywie, I. (2019). Kemampuan Guru Biologi MAN Surakarta Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4.

Nawawi, N., Dafrita, I. E., Trisianawati, E., Sari, M., & Sulistiany, H. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Berbasis Macromedia Flash Bagi Guru AGSI PGRI Kalbar dan MGMP IPA Kabupaten Bengkayang. BULETIN AL-RIBAATH, 17(1), 1-5.

Negara, H. R. P., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66-79.

Osman, K. (2014). Evaluation of Webquest in Biology: Teachers' Perception. Turkish Online Journal of Distance Education, 15(1), 75-88.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 109-119.

Situru, R. S. (2020). Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemic Covid-19. Elementary Journal, 3(1), 40-46.

Sutrisno, S. (2020). INCREASED LEARNING ACTIVITIES AND OUTCOMES THROUGH ONLINE LEARNING WITH GOOGLE CLASSROOM IN THE COVID-19 PANDEMIC PERIOD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95-106.

Miles, M. & Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. 2nd ed. Thousand Oaks, California: Sage Publications


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.