PENGARUH KEMANDIRIAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

Authors

  • Kanti Reni Ariaten
  • Vindo Feladi
  • Ridho Dedy Arief Budiman

Keywords:

kemandirian belajar, aktivitas belajar dan hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui : (1) kemandirian belajar, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran TIK siswa SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK SMP Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (3) Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (4) Pengaruh kemandirian dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK SMP Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan ex-post facto, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang yang berjumlah 204 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling dimana cara pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) Deskriptif hasil kemandirian cenderung tinggi dan hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di kelas XII SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang masuk dalam kategori baik, (2) Terdapat pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di kelas XII SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (3) Terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di kelas XII SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang, (4) Terdapat pengaruh kemandirian dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TIK di kelas SMA Negeri 1 Sepauk Kabupaten Sintang.

References

Asrori, H.M. 2015. Perkembangan Peserta Didik Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru. Ruko Jambusari 7A Yogyakarta 55283: media akademi.

Daitin, T. 2014, “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Di kelas V SDN 050687 Sawit Seberang”. Jurnal Kreano, ISSN : 2086-2334. Juni 2014, vol 5, Hal. 58.

Sobri, M. 2014. “Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil BelajarEkonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya”. Jurnal Harmoni Sosial, 2014, Vol 1 Nomor 1, Hal 44. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan IPS.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Maryam, S. (2015). Skripsi. Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Di SMPN-14 Palangkaraya. Palangkaraya : Universitas Muhammadiyah

Downloads

Published

2020-01-16

How to Cite

Ariaten, K. R., Feladi, V., & Arief Budiman, R. D. (2020). PENGARUH KEMANDIRIAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer (JPTIK), 1(1), 38–44. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPTIK/article/view/137

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.