PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER

Authors

  • Alexendra Alexendra
  • Ridho Dedy Arief Budiman
  • Vindo Feladi

Keywords:

Auditori Intelectually Repetition, hasil belajar, Perkembangan Teknologi Komputer

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap hasil Belajar pada materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ?. (1) Bagaimana rata–rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ?. (2) Bagaimana rata–rata hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ? (3)Apakah terdapat peningkatan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa kelas XI setelah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition pada materi Perkembangan Teknologi Komputer di kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak ?. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperiment, bentuk penelitian ini adalah Pre-Eksperiment Desain. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A berjumlah 37 Siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Berdasarkan Pre-test adalah 62,3. (2) Rata-rata hasil belajar sesudah diterapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Berdasarkan Post-test adalah 76,7. (3) Terdapat peningkatan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Generasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji-t diketahui bahwa t_hitung (5,58) > t_tabel (1,688).

References

Huda, M (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-01-16

How to Cite

Alexendra, A., Arief Budiman, R. D., & Feladi, V. (2020). PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komputer (JPTIK), 1(1), 21–28. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPTIK/article/view/135

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.