Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Media Pembelajaran Digital LP Al – Ma’arif Kota Pontianak
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, termasuk pada lembaga pendidikan berbasis keagamaan seperti LP Ma’arif NU. Pembelajaran tidak lagi terbatas pada metode konvensional, melainkan menuntut kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran digital secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesiapan guru dalam penerapan media pembelajaran digital di lingkungan LP Ma’arif NU Kota Pontianak, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan guru-guru dari sekolah dan madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Kota Pontianak sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru LP Ma’arif NU Kota Pontianak dalam penerapan media pembelajaran digital berada pada kategori siap. Guru menunjukkan antusiasme tinggi dalam menggunakan teknologi, namun masih terdapat keterbatasan pada kemampuan teknis, penguasaan pedagogi berbasis digital, serta dukungan kelembagaan dan infrastruktur TIK. Faktor utama yang memengaruhi kesiapan guru meliputi pengalaman pelatihan, ketersediaan fasilitas, dan kebijakan sekolah terhadap transformasi digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun guru memiliki motivasi dan kesadaran terhadap pentingnya penggunaan media digital, diperlukan strategi penguatan kompetensi berkelanjutan, peningkatan infrastruktur teknologi, dan dukungan kelembagaan yang lebih sistematis. Dengan langkah-langkah tersebut, LP Ma’arif NU Kota Pontianak berpotensi mewujudkan pembelajaran digital yang efektif, inovatif, dan berakar pada nilai-nilai keislaman.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dini Oktarika, Erni Fatmawati, Nurbani Nurbani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.