Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di MTs S Miftahussa’adah Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran di MTs S Miftahussa’adah Pontianak. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena penerapan teknologi informasi di lembaga pendidikan Islam yang belum optimal, meskipun telah menjadi tuntutan utama dalam pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru, dan peserta didik yang dipilih secara purposif. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung penggunaan teknologi informasi di MTs S Miftahussa’adah Pontianak meliputi dukungan kebijakan madrasah, motivasi guru, ketersediaan fasilitas dasar seperti laboratorium komputer dan jaringan internet, serta pelatihan peningkatan kompetensi guru. Adapun faktor penghambat yang ditemukan adalah keterbatasan sarana dan prasarana, koneksi internet yang belum stabil, serta kompetensi digital sebagian guru yang masih rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan implementasi teknologi informasi dalam pembelajaran sangat bergantung pada sinergi antara kebijakan kelembagaan, kesiapan sumber daya manusia, dan dukungan infrastruktur. Rekomendasi yang diajukan meliputi peningkatan pelatihan guru, perbaikan infrastruktur TI, serta evaluasi berkelanjutan terhadap penerapan media pembelajaran digital di madrasah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dini Oktarika, Winna Dharmayanti, Henny Puspitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.