PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WITHIN-SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SMA

Authors

  • Devita Sari IKIP PGRI PONTIANAK
  • Yudi Darma IKIP PGRI PONTIANAK
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

problem posing, whithin-solution posing, kemampuan berpikir kreatif.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem posing bentuk within-solution posing terhadap kemampuan berpikir kreatif  pada siswa kelas XI SMA  Negeri 1 Belimbing. Metode Pre-Eksperimental digunakan dalam penelitian ini dengan desain one class pretest-postttest. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diterapkan model pembelajaran problem posing bentuk within-solution posing masih tergolong rendah dan setelah diterapkan model pembelajaran problem posing bentuk within-solution posing masih tergolong tergolong baik. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran problem posing bentuk within - solution posing dalam materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 01 Belimbing. Alternatif model pembelajaran problem posing bentuk within - solution posing dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpiki kreatif siswa pada materi-materi matematika lainnya. Sehingga siswa dapat lebih mudah dalam menguasai materi matematika terutama pada materi dengan level berpikir yang lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Devita Sari, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Yudi Darma, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Utin Desy Susiaty, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

References

Amalia, N., Darma, Y., & Wahyudi, W. (2020, February). Pengembangan Pop Up Book SMP berbasis Ideal Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II (Vol. 1, No. 1, pp. 389-398).

Asdiyanto. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar SiswapPada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 19 Pontianak (Bachelor Dissertation, IKIP PGRI Pontianak)

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ghufron, N. & Rini, R. S. (2014). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Gaung Persada.

Kurniasari, D. (2015). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa SmpMP Negeri 2 Sokaraja (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Nurhayati, N., Angraeni, L., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. EDUSAINS, 11(1), 12-20.

Pittalis, M., Christou, C., Mousoulides, N., & Pitta-Pantazi, D. (2004). A structural model for problem posing. In Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 4, pp. 49-56).

Siswono, T. Y. E. (2016, October). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 11-26).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, M. & Mustofa, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darma, Y., Dede, S., & Yani, A. (2019). Analisis Data Statistik: Sebuah Pendekatan Praktis Pengolahan Statistik Bermuatan Karakter. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2021-01-05

How to Cite

Sari, D., Darma, Y., & Susiaty, U. D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WITHIN-SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SMA. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(2), 168–177. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/84

Issue

Section

Articles