PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WITHIN-SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SMA

Devita Sari, Yudi Darma, Utin Desy Susiaty

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem posing bentuk within-solution posing terhadap kemampuan berpikir kreatif  pada siswa kelas XI SMA  Negeri 1 Belimbing. Metode Pre-Eksperimental digunakan dalam penelitian ini dengan desain one class pretest-postttest. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diterapkan model pembelajaran problem posing bentuk within-solution posing masih tergolong rendah dan setelah diterapkan model pembelajaran problem posing bentuk within-solution posing masih tergolong tergolong baik. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran problem posing bentuk within - solution posing dalam materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 01 Belimbing. Alternatif model pembelajaran problem posing bentuk within - solution posing dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpiki kreatif siswa pada materi-materi matematika lainnya. Sehingga siswa dapat lebih mudah dalam menguasai materi matematika terutama pada materi dengan level berpikir yang lebih tinggi.


Keywords


problem posing,whithin-solution posing, kemampuan berpikir kreatif.

Full Text:

PDF

References


Amalia, N., Darma, Y., & Wahyudi, W. (2020, February). Pengembangan Pop Up Book SMP berbasis Ideal Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II (Vol. 1, No. 1, pp. 389-398).

Asdiyanto. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar SiswapPada Materi Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 19 Pontianak (Bachelor Dissertation, IKIP PGRI Pontianak)

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ghufron, N. & Rini, R. S. (2014). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Gaung Persada.

Kurniasari, D. (2015). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa SmpMP Negeri 2 Sokaraja (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Nurhayati, N., Angraeni, L., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. EDUSAINS, 11(1), 12-20.

Pittalis, M., Christou, C., Mousoulides, N., & Pitta-Pantazi, D. (2004). A structural model for problem posing. In Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Vol. 4, pp. 49-56).

Siswono, T. Y. E. (2016, October). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 11-26).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, M. & Mustofa, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darma, Y., Dede, S., & Yani, A. (2019). Analisis Data Statistik: Sebuah Pendekatan Praktis Pengolahan Statistik Bermuatan Karakter. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.