PENGEMBANGAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SPLTV

Authors

  • Astriani astriani
  • Muhamad Fidaus
  • Yadi Ardiawan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKS berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam materi sistem persamaan linear tiga variabel pada siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall, yang terdiri 10 langkah model pengembangan.Tetapi peneliti hanya menggunakan 7 langkah, adapun langkah-langkah yang tidak digunakan peneliti adalah langkah uji coba pemakaian/uji coba produk ke-2, revisi produk ke-2, dan produk akhir. Penelitian ini menghasilkan LKS berbasis discovery learning yang memenuhi aspek kevalidan, respon siswa, dan hasil uji coba terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. LKS layak digunakan atau valid dengan rata-rata skor penilaian dari validator sebesar 81,84% dengan kategori sangat valid. Respon siswa terhadap LKS sebesar 78,16% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa menggunakan tes essay, diperoleh 28 siswa (80%) yang tuntas dengan mencapai nilai KKM ? 75, dan 7 siswa (20%) belum mencapai nilai KKM atau belum tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-19

How to Cite

astriani, A., Fidaus, M., & Ardiawan, Y. (2019). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SPLTV. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 1(1), 11–22. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/8

Issue

Section

Articles