PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEAFLET BERBASIS PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Authors

  • Landa Abdia IKIP PGRI PONTIANAK
  • Muhamad Firdaus IKIP PGRI PONTIANAK
  • Utin Desy Susiaty

Keywords:

Leaflet, pemahaman matematis, problem posing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran leaflet berbasis Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Aritmatikas Sosial Kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Kabupaten Kubu Raya yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan model 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Dessiminate (Penyebaran) yang dikembangkan oleh Thiagajaran pada tahun 1974. Hasil penelitian yang pertama adalah dengan memvalidasi produk oleh ahli yang rata-ratanya mencapai 87.27 % dengan criteria sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepraktisan produk yang didapat dari angket respon guru dan siswa dengan rata-ratanya mencapai 86.98 % dengan criteria sangat praktis. Dan yang ketiga adalah keefektifan produk yang didapat dari hasil post test siswa dengan rata-ratanya mencapai 82.75 % dengan criteria efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran leaflet berbasis Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Aritmatika Soaial Kelas VII MTs HIdayatul Muhsinin Kabupaten Kubu Raya tergolong sangat valid, sangat praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Landa Abdia, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Muhamad Firdaus, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

References

Armelia, D. (2018). Pengembangan Media Poocket Book Berbasis Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman matematis Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTs Hidayatul Muhsinin Kabupaten Kubu Raya. Skripsi IKIP PGRI Pontianak.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darma, Y., & Firdaus, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Aliyah Melalui Strategi Heuristik. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(1), 95-102.

Natalia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem PosingTerhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada MAteri Sistem Persamaan Linier di Kelas X SMA Negeri 1 Kelam Permai. Skripsi IKIP PGRI Pontianak.

Roskaputri, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Bermuatan Ideal Problem Solving Dalam Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) terhadap Koneksi Matematis Pada Siswa diKelas X SMA Negeri 8 Pontianak. Skripsi IKIP PGRI Pontianak.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Abdia, L., Firdaus, M., & Susiaty, U. D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEAFLET BERBASIS PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(1), 61–70. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/78

Issue

Section

Articles