ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL

warda niah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai Analisis Pemahaman Konseptual Matematis Siswa dalam Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Gaya Belajar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputu reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan bepikir kreatif tinggi memenuhi ketiga aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu aspek kefasihan, aspek fleksibelitas dan aspek kebaruan; (2) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis sedang menunjukan bahwa tidak memenuhi ketiga aspek kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu aspek fleksibelitas dan aspek kebaruan, sementara hanya aspek kefasihan saja yang dimiliki siswa tersebut; (3) Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis rendah siswa tersebut tidak memiliki kemampuan mendeteksi, mengenali, dan memahami serta menanggapi suatu pernyataan, situasi, atau masalah kemudian tidak memiliki kemampuan untuk mengemukakan bermacam-macam pemecahan atau pendekatan terhadap masalah serta kemampuan untuk mencetuskan gagsan dengan cara-cara yang asli, tidak klise, dan jarang diberikan kebanyakan orang.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Tidak Diterbitkan.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2015).Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Repika Aditama.

Moma, la. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Anak SMP. Ambon: FKIP Universitas Pattimura. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Tersedia.

Sudarma, M. (2013).Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siswono, Tatag Yuli E. (2008).Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Saebani Ahmad, B. (2008). Metode Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.