IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INQUIRI BASED LEARNING (IBL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DI TINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Mitro Gorat, Rahman Haryadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengungkap implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inquiri Based Learning (IBL) terhadap kemampuan penalaran matematis di tinjau dari motivasi belajar siswa pada materi fungsi komposisi di kelas X SMA Negeri 8 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimental, dan rancangan penelitian adalah desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA Negeri 8 Pontianak terdiri dari empat kelas, dengan sampel kelas X MIPA I dan X MIPA III yang dipilih secara random menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan analisis variansi dua jalan dengen sel tak sama disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang signifikan di tinjau dari motivasi belajar siswa pada materi fungsi komposisi.


Keywords


PBL, IBL, Kemampuan Penalaran Matematis, Motivasi Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Angkotasan, N. (2014). Keefektifan Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 11-19.

Budiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Oktaviana, D. dan Haryadi, R. (2020). Kemampuan Penalaran Adaptif Melalui Model Reciprocal Teaching pada Logika Matematika dan Himpunan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 124-130.

Rudhy, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Todanan Blora Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Tidak Diterbitkan.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa, 4(1), 1-10.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53.

Suryaningsih, D., et al. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII C SMP Negeri 13 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1-5.

Ummah, E. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Tinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mujahidin Pontianak. Skripsi IKIP-PGRI Pontianak: Tidak diterbitkan.

Wiyanti & Leonard. (2014). Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. ISSN: 2581- 0812.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.