PROSES BERPIKIR KOMBINATORIK SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY

Authors

  • Risa Nur Afifah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Rofiq Hidayat UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Eko Budi Setiyadi MTsN 7 Jember
  • Ihsanuddin Ihsanuddin MTsN 7 Jember

Keywords:

Proses Berpikir Kombinatorik, Matematika, Self Efficacy.

Abstract

Pendidikan matematika memainkan peran penting dalam pembelajaran di Indonesia, terutama karena matematika dianggap sebagai ilmu dasar yang mendukung pemahaman bidang ilmu lainnya. Meskipun demikian, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika tingkat tinggi, termasuk keterampilan berpikir kombinatorik. Proses berpikir ini esensial dalam menyelesaikan soal matematika, khususnya yang melibatkan perbandingan bernilai. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana efikasi diri siswa dapat mempengaruhi proses berpikir kombinatorik mereka dalam menyelesaikan soal matematika. Metode deskriptif kualitatif digunakan dengan melibatkan 21 siswa kelas VII A MTS NEGERI 7 JEMBER, yang dibagi menjadi tiga kategori efikasi diri: tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui angket efikasi diri, tes keterampilan berpikir kombinatorik, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan efikasi diri tinggi memiliki kemampuan berpikir kombinatorik yang baik, memenuhi semua indikator proses berpikir. Siswa dengan efikasi diri sedang menunjukkan kemampuan yang cukup, sementara siswa dengan efikasi diri rendah dalam menahan tantangan dalam mengorganisasikan langkah-langkah penyelesaian. Hal ini mencerminkan bahwa proses berpikir kombinatorik siswa bervariasi tergantung pada tingkat efikasi diri mereka. Peningkatan efikasi diri dapat mendukung perkembangan kemampuan berpikir kombinatorik siswa. Oleh karena itu, diperlukan upaya tambahan dalam membantu siswa dengan efikasi diri sedang dan rendah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kombinatorik mereka dalam konteks yang berharga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, R. N., Oktaviya, U., Qoriroh, R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan kemampuan matematika siswa. Pendidikan Matematika, 6(1), 207–216. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1121

Agustiana, N., Supriadi, N., & Komarudin, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau dari Self-Efficacy. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(1), 61. https://doi.org/10.35450/jip.v7i1.117

Amira, N. F., Malmia, W., & Taufik. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. 2, 19–31.

Dosinaeng, W. B. N. (2019). Analysis of students’ higher order thinking skills in solving basic combinatorics problems. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 133–147. https://doi.org/10.33654/math.v5i2.611

Himmi, N. (2017). Korelasi Self Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester Pendek Mata Kuliah Trigonometri Unrika T.a. 2016/2017. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 143–150. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.941

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30.

Kholil, M. (2018). LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika MATEMATIKA AKHLAK: INTERNALISASI SIKAP-SIKAP TERPUJI (AKHLAK MAHMUDAH) DALAM SISTEM BILANGAN MELALUI STRATEGI ANALOGI. 1(2), 50–64.

Melawati, N. A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR.

Rezaie, M., & Gooya, Z. (2011). What do I mean by combinatorial thinking? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 11, 122–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.01.046

Saldana, M. & H. (2014). Qualitative Data Analysis. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92).

Sumanty, D. Y. (2019). Analisis proses berpikir kombinatorik siswa dalam menyelesaikan soal peluang pada siswa kelas x smk harapan al-washliyah sukoharjo skripsi.

Wahyuni, S., Setiawani, S., & Oktavianingtyas, E. (2018). ANALISIS PROSES BERPIKIR KOMBINATORIK SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET PADA SISWA KELAS XI. Kadikma, 9(1), 96–105.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Afifah, R. N., Hidayat, R., Setiyadi, E. B., & Ihsanuddin, I. (2023). PROSES BERPIKIR KOMBINATORIK SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(2), 699–711. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/603

Issue

Section

Articles