PENGEMBANGAN LKPD BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Authors

  • Rima Firmanasari IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty
  • Hartono Hartono

Keywords:

LKPD, Creative problem solving, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan microsoft powerpoint berbasis creative problem solving pada materi persamaan garis lurus kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan atau penelitian Research and Development yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall meliputi tujuh langkah pokok, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Kevalidan diperoleh dari penilaian para ahli, yaitu ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dua orang dosen pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak dan satu orang guru mata pelajaran Matemtika SMP Negeri 1 Sekadau Hulu. Hasil penelitian rata-rata presentase validasi sebesar 89,4% dikategorikan sangat valid. Kemudian kepraktisan dilihat dari nilai angket yang diisi oleh guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh presentase 89,1% dengan kategori sangat praktis. Terakhir keefektifan yang dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest sebesar 83,3% dengan kriteria sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Utin Desy Susiaty

Pendidikan Matematika

Hartono Hartono

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Faizah, H. N., & Reinita. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dikelas Iv Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7(1), 98–109.

Hersandi, M., Mahardika, I. K., & Nuriman, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Bentuk Brosur untuk Pembelajaran IPA di SMP ditinjau dari Aspek Kegrafikaannya. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 57-64.

Kuswanto, H. (2017). Pengembangan LKPD dengan Model LAPS-Heuristic untuk Memfasilitasi Disposisi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN).

Pansa, H. E., Caswita, C., & Suharsono, S. (2017). Pengembangan LKPD dengan -Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(3).

Pulungan, M., Usman, N., Suratmi, S., Suganda M, V. A., & Harini, B. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(1), 29–36. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i1.11621

Putra, Y. P. (2018). Penggunaan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 73–80.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). The role of students’ critical thinking skills in learning mathematics with problem-solving. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran pelangi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.

Rochmad. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Rosmia, A., Handoko, S., Mariam, P., & Belakang, L. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa. Educare, 10(2), 14–24.

Sarimanah, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123

Sudirpa, I. W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Peguyangan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(4), 562–571. https://doi.org/10.5281/zenodo.7676172

Zahid, M. Z. (2018, February). Aplikasi berbasis android untuk pembelajaran: Potensi dan metode pengembangan. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 910-918).

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Firmanasari, R., Susiaty, U. D., & Hartono, H. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(2), 674–687. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/599

Issue

Section

Articles