ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL MELALUI TAHAPAN KASTOLAN

Authors

  • Bella Elisa IKIP PGRI Pontianak
  • Dewi Risalah IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa melalui tahapan kastolan pada materi nilai mutlak serta faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini yaitu Literatur review atau kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tahapan Kastolan terdapat tiga jenis kesalahan yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan teknik. Kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu tidak bisa memahami penggunaan rumus atau definisi nilai mutlak dalam menjawab soal dan siswa tidak tepat dalam penulisan atau pemindahan operasi hitung dari satu tahapan ke tahapan berikutnya. Faktor penyebab kesalahan konsep yaitu: siswa kurang memahami materi sehingga siswa kurang tepat dalam penggunaan rumus nilai mutlak dan siswa mengalami kebingungan dalam menggunakan rumus nilai mutlak karena menganggap konsep nilai mutlak mempunyai rumus yang banyak. Kesalahan prosedur yang dilakukan siswa yaitu tahapan penyelesaian soal nilai mutlak tidak sistematis dan manipulasi tahapan pengerjaan siswa pada soal nilai mutlak tidak tepat. Faktor penyebab kesalahan prosedur yaitu: siswa kurang dalam berlatih sehingga tidak bisa menyelesaikan tahapan sampai akhir, dan banyak juga siswa yang menjawab asal-asalan karena kurang memahami apa yang ditanyakan dari soal. Selain itu siswa juga tidak mengecek kembali jawaban sebelum dikumpulkan. Kesalahan teknik yang dilakukan siswa yaitu tidak tepat dalam menghitung nilai dari suatu operasi hitung nilai mutlak dan tidak tepat dalam penulisan atau pemindahan operasi hitung dari satu tahapan ke tahapan berikutnya. Faktor penyebab kesalahan teknik yaitu: siswa terlalu terburu-buru dan kurang teliti dalam menjawab soal.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bella Elisa, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika

Dewi Risalah, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Matematika

Dwi Oktaviana, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Biologi

References

Abas. A. F, Nusantara. T., Sudirman. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMK Bergaya Kognitif Reflektif Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 4(2), 213-224.

Afdila. N. F, Roza. Y., & Maimunnah. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. LEMMA:Letter of Mathematics Education. 5(1), 65-72.

Astutik. Y., & Kurniawan. L. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. 3(1), 95-100.

Damayanti & Firmansyah. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1A), 37-52.

Deswita. H. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pembagian Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edu Research. 4(2), 115-120.

Evianti. N., dkk. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Kendari Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(2), 138-149.

Fahrurrozi & Hamdi. S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.

Fajri. I., & Rifandi. R. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menurut Tahapan Kastolan Pada Materi Nilai Mutlak. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 11(1), 67-73.

Firdaus. E. F., Amalia, S. R., & Zumeira. A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika.Dialektika P. Matematika. 8(1), 542-558.

Lesmana. S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMA Dalam Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 5(2), 607-614.

Novita. D., & Fauzan. A. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas X MIPA SMA N 1 Solok Selatan. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 10(3), 55-60.

Nur. I. (2021). Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK Dan FPB Menurut Kastolan Di Kelas VII SMP Guppi Samata. Skripsi. Telah Diterbitkan.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah: Makassar.

Nurhikmah. S., & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Integral. Jurnal TATSQIF:Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan. 14(2), 218-237.

Nurianti. E, Halini., & Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Dikelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 4(9).

Putri. S, Husna. A., Agustyaningrum. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 05(02), 1548-1561.

Saputri. M, Rasiman., & Zuhri. M. S. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Nilai Mutlak Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Pembelajaran E-learning Di Masa Pandemi Covid-19. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 4(3), 222-235.

Sulistyaningsih. A., & Rakhmawati.. E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 123-130.

Ulpa. F.,dkk. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Teori Nolting. SQUARE:Journal of Mathematics and Mathematics Education. 3(2), 67-80.

Yulia. R, Fauzi., & Awaluddin. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika Di Kelas V SDN 37 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 124-13.

Yulanda. R., & Yarman. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 7(4), 121-126.

Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Di Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. LEMMA. III(3), 1-9.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Elisa, B., Risalah, D., & Oktaviana, D. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL MELALUI TAHAPAN KASTOLAN. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(2), 654–664. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/594

Issue

Section

Articles