PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE TUGAS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLTV
Keywords:
Problem based learning, Metode Tugas Proyek, Kemampuan Literasi Matematis.Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode tugas proyek untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa dalam materi SPLTV. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimental Design dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. subjek penelitian adalah iswa kelas X MIA 1 SMA N 1 Sandai yang terdiri dari 30 siswa. Subjek dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik yang digunakan adalah teknik pengukuran dengan pemberian pretest dan postets. Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes kemampuan literasi matematis siswa berbentuk essay. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji statistik parametrik yaitu nilai =1,699 dan = 5,244 dimana , sehingga H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan signifikan kemampuan literasi matematis siswa setelah diberikan model problem based learning dengan metode tugas proyek pada materi SPLTV.
Downloads
References
Kuswidi, I. (2015). Brain-Based Learning untuk meningkatkan Literasi Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal pendidikan Matematika, 6(2), 133-144.
Nurafni, Indarawi, N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Pemberian Tugas Proyek Terhadap Hasil Belahar Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOST Pendidikan Matematika. 1(2).81-88.
Rumita, R. S, (2018). Peningkatan kemampuan Literasi Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam materi logika pada kelas X SMA Negeri 1 Sungai Laur. Skripsi IKIP-PGRI Pontianak
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D, Bandung: Alfabeta
Surya, Y. F. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53