PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Authors

  • Afriana Ana Mila IKIP PGRI pontianak
  • Yudi Darma IKIP PGRI PONTIANAK
  • Muhammad Firdaus IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, karakter, problem posing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalaha matematis siswa dengan diterapkannya model pembelajaran problem posing bermuatan karakter. Adapun bentuk penelitian yang digunakan yaitu pra-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasa VII SMP Negeri 1 Jelimpo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jelimpo sebanyak 15 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Instumen penelitian berupa soal tes dan data ulangan harian atau foto. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan data statistik deskriptif dengan menentukan rataan (mean) dan menggunakan analisis gain score. Hasil penelitian setelah diterapkannya model pembelajaran problem posing diperoleh bahwa: (1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalahan siswa sebelum diterapkan model problem posing bermuatan karakter yaitu dengan rata-rata nilai total 49,33 dalam kriteria cukup, (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalahan siswa sesudah diterapkan model problem posing bermuatan karakter yaitu dengan rata-rata nilai total 77,6 dalam kriteria baik, dan (3) Terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah diterapkan model pembelajaran problem posing bermuatan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astriyani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, Vol 2 (1), 23

Astriyani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, Vol 2 (1), 23.

Darma, Y. Firdaus, M. & Pretama, A. (2017). Analisis Metakognisi Terhadap Pemecahan masalah Materi kaidah Pencacahan Pada Siswa kelas XII IPS 1 MAN 1 Kubu Raya. Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak,438-445.

Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. (2018). Pendidikan Karakter dalam pembelajaran pada mahasiswa calon guru matematik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2). 10-115.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quuotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 2 (1), 109.

Hodiyanto, dkk. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving dengan Pendekatan PMR terhadap Prestasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal ElektronikPembelajaran Matematika, Vol 4 (2), 199-214

Martiani, E., & Rachmiati, W. (2016). Penerapan Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematis Tentang Operasi Hitung Campur. 3(2), 159-168.

Mawaddah, Siti, Anisah, Hana. (2015). Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. FKIP Universitas Lampung Mangkurat. Volumen 3, No 2, Oktober 2015.

Rahmawati, R Wijaya, A. P. A. (2020). Pengembangan eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan penguatan karakter pada materi bangun ruang sekolah dasar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 92-105.

Rahmawati, R Wijayanti, A. P. A. (2020). Pengembangan eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan penguatan karakter pada materi bangun ruang sekolah dasar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematik, 9(2), 92-105.

Roza, Y. (2020). Praktikalita Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik. 04(01), 193-201.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Cet.12. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Mila, A. A., Darma, Y., & Firdaus, M. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(2), 728–742. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/583

Issue

Section

Articles