PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Authors

  • Novi Efrianti
  • Syarifah Fadillah IKIP PGRI PONTIANAK
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Lembar Kerja Siswa, Pendidikan Karakter, Penelitian Pengembangan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis pendidikan karakter dalam materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMPN 2 Sebawi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan lembar kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu: define, design, development dan dissemination. Namun, karena keterbatasan waktu, biaya dan tenaga peneliti hanya sampai pada tahap development. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan, yaitu: lembar validasi dan angket (angket respon guru dan siswa). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sebawi sebanyak 26 siswa. Penelitian ini menghasilkan tingkat kevalidan dengan persentase rata-rata adalah 87,93% yang tergolong kriteria sangat valid. Setelah itu, dilakukan uji coba, maka didapatlah data bahwa tingkat kepraktisan dengan persentase rata-rata adalah 94,28% yang tergolong kriteria sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syarifah Fadillah, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Marhadi Saputro, IKIP PGRI Pontianak

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

References

Afifudin, dkk. (2017). Karakter Disiplin dan Percaya Diri Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Journal of Biology Education, 6(2): 240-247.

Citra. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1): 237-249.

Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. (2018). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2).

Ernawati, dkk. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2): 1-18.

Fadillah. (2012). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2): 142-148.

Isrok’atun dan Rosmala. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Kesuma D., dkk (2018). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nafiah, dkk. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menngkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1): 125-143.

Nurdin dan Adriantoni (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Efrianti, N., Fadillah, S., & Saputro, M. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(1), 28–38. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/58

Issue

Section

Articles