PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DI KELAS X MA MATHLA'UL ANWAR PONTIANAK

Authors

  • Saeni Daeng Udin Bahari
  • Syarifah Fadillah
  • Jamilah Jamilah

Keywords:

Video pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Perbandingan Trigonometri.

Abstract

Penilitan ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa video pembelajaran berbasis pembelajaran berdeferensiasi pada materi perbandingan trigonometri yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan menggunakan desain penelitian 4D Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Mathla’ul Anwar Pontianak dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan tes soal. Berdasarkan hasil penelitian yang pertama adalah validasi Video Pembelajaran yaitu dengan nilai rata-rata dari kegita ahli sebesar 90,75% dalam kriteria sangat valid dengan kategori sangat baik. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan siswa diperoleh persentase sebesar 89,45% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan untuk melihat keefektifan media berupa video pembelajaran berbasis pembelajaran berdeferensiasi yang dibandingkan dengan indeks skala likert, dengan persentase 75% dalam kriteria efektif dan untuk keefktivitasan perlakuan yang diberikan menggunakan rumus perhitungan normalitas gain yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 0,58% dalam kriteria efektif. Sehingga media berupa video pembelajaran berdiferensiasi layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi perbandingan trigonometri.

References

Andini, D. W. (2016). Differentiated instruction: solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3).

Hollas, (2005). Differentiating Instruction in a whole Group Setting. USA: Crystal Springs Books

Lestari, N. (2018). Prosedural mengadopsi model 4D dari Thiagarajan suatu studi pengembangan LKM bioteknologi menggunakan model PBL bagi Mahasiswa. Jurnal Teknologi, 1(1), 56-65.

Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu Vol, 6(2).

Riyana, Chepi dan Rudi Susilana (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Riyana, Chepi. (2007). “Pedoman Pengmbangan Media Video”. Jakarta: P3AI UPI. Hotmaaulina Sihotang. 2020. “Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran”. Jakarta: UKI Press.

Supriadi, Nanang. (2015). “Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman,” Jurnal Al-Jabar 6, no. 1. Hal 64

Rahmani, Z., Farkhatin, N., & Ningsih, R. (2022). Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Paud Godwilling Mampang Depok Berbasis Java Menggunakan Metode R&D. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1).

Utami, Taza Nur, Agus Jatmiko dan Suherman, (2018). “Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat”.Jurnal Matematika 1, no 2, Hal 166.

Downloads

Published

2023-07-24

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)