Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika pada kelas X SMA Koperasi Pontianak

Authors

  • Asri Permatasari
  • Vindo Feladi IKIP PGRI PONTIANAK
  • Hodiyanto Hodiyanto

Keywords:

Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika pada kelas X SMA Koperasi Pontianak, Mendeskripsikan faktor penghambat yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter untuk mata pelajaran matematika kelas X SMA Koperasi Pontianak dan Mengetahui upaya yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran matematika kelas X SMA Koperasi Pontianak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika kelas X SMA Koperasi Pontianak telah dilaksanakan oleh guru melalui perencanaan. Dalam perencanaan pembelajaran adanya nilai karakter yang termuat dalam RPP yaitu KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar). Terdapat beberapa faktor penghambat yang dialami guru dalam pembelajaran matematika yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam menaati aturan, motivasi siswa untuk belajar masih kurang, dan kesadaran siswa terhadap tugas dan tanggung jawab. Upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran adalah memberi teladan disiplin waktu, selalu mengecek kehadiran siswa, menumbuhkan rasa ingin tahu dapat melalui apresiasi dan penggunaan media, metode, serta strategi dalam hasil observasi guru. Selain itu pemberian tugas individu juga seringkali dilakukan guru untuk mengimplementasikan kerja keras, tanggung jawab, dan kegiatan akhir pembelajaran yaitu menyimpulkan hasil pembelajaran hal tersebut untuk menanamkan nilai percaya diri.
Kata Kunci: Analisis, Pendidikan Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Vindo Feladi, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI TIK

References

Amri. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. 2018. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2).

Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Cet 2; Jakarta: Bumi Aksara.

Mustari. 2011. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Laksbang Pressindo

Mustari. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Sahlan, dan Teguh. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Arruz Media

Siswanto. 2001. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Teguh. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yaumi. Belajar dalam Konteks Sosial. Web-b;og online; http://teoribelajar.blogspot.com/2008/10/belajar-dalam-konteks sosial.html (diakses tanggal 25 November, 2018).

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Permatasari, A., Feladi, V., & Hodiyanto, H. (2020). Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika pada kelas X SMA Koperasi Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(1), 13–27. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/56

Issue

Section

Articles