Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika pada kelas X SMA Koperasi Pontianak
Keywords:
PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika pada kelas X SMA Koperasi Pontianak, Mendeskripsikan faktor penghambat yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter untuk mata pelajaran matematika kelas X SMA Koperasi Pontianak dan Mengetahui upaya yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran matematika kelas X SMA Koperasi Pontianak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika kelas X SMA Koperasi Pontianak telah dilaksanakan oleh guru melalui perencanaan. Dalam perencanaan pembelajaran adanya nilai karakter yang termuat dalam RPP yaitu KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar). Terdapat beberapa faktor penghambat yang dialami guru dalam pembelajaran matematika yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam menaati aturan, motivasi siswa untuk belajar masih kurang, dan kesadaran siswa terhadap tugas dan tanggung jawab. Upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran adalah memberi teladan disiplin waktu, selalu mengecek kehadiran siswa, menumbuhkan rasa ingin tahu dapat melalui apresiasi dan penggunaan media, metode, serta strategi dalam hasil observasi guru. Selain itu pemberian tugas individu juga seringkali dilakukan guru untuk mengimplementasikan kerja keras, tanggung jawab, dan kegiatan akhir pembelajaran yaitu menyimpulkan hasil pembelajaran hal tersebut untuk menanamkan nilai percaya diri.
Kata Kunci: Analisis, Pendidikan Karakter
Downloads
References
Amri. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. 2018. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2).
Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Cet 2; Jakarta: Bumi Aksara.
Mustari. 2011. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Laksbang Pressindo
Mustari. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.
Sahlan, dan Teguh. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Arruz Media
Siswanto. 2001. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Teguh. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Yaumi. Belajar dalam Konteks Sosial. Web-b;og online; http://teoribelajar.blogspot.com/2008/10/belajar-dalam-konteks sosial.html (diakses tanggal 25 November, 2018).