PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN CPS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

Authors

  • Nurhayati Wahyuni IKIP-PGRI Pontianak
  • Muhamad Firdaus IKIP PGRI PONTIANAK
  • Rahman Haryadi IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

PBL, CPS, pemecahan masalah, self confidence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran PBL dan CPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-confidence. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran PBL memberikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama baiknya dengan CPS. 2) Siswa dengan self-confidence tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada self-confidence sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan self-confidence sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada self-confidence rendah. 3) Pada model pembelajaran PBL dan CPS, siswa dengan self-confidence tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada self-confidence sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan self-confidence sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada self-confidence rendah. 4) Pada kategori self-confidence tinggi, sedang dan rendah, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran PBL sama baiknya dengan CPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhamad Firdaus, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Rahman Haryadi, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

References

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Darma, Y., & Firdaus, M. (2016). Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 1-10.

Darma, Y., Dede, S., Yani, A. (2019). Analisis Data Statistik: Sebuah Pendekatan Praktis Pengolahan Statistik Bermuatan Karakter. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Martyanti, A. (2013). “Membangun Self-onfidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.15-22.

Panjaitan, M. (2017). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas X SMA”. Jurnal Inspiratif, Vol. 3 No. 2.

Rahayu, D. V., Dan Afriansyah, E. A. (2015). “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5 No 1.

Rybczynski, S. M., & Schussler, E. E. (2013). Effects of Instructional Model on Student Attitude in an Introductory Biology Laboratory. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 7(2), 1-2.

Sari, A. D. (2017). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Creative Problem Solving (CPS) Dalam Pembelajaran Matematika”. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. UIN Raden Intan Lampung.

Sinambela. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Medan: Universitas Negeri Medan.

Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y. S., & Darhim, D. (2013). Improving of junior high school visual thinking representation ability in mathematical problem solving by CTL. Journal on Mathematics Education, 4(1), 113-126.

Downloads

Published

2020-09-16

How to Cite

Wahyuni, N., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN CPS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(1), 1–12. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/55

Issue

Section

Articles