ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BULAT KELAS VII MTS AL- MA’ARIF PONTIANAK

Authors

  • Jupi Jupi IKIP PGRI PONTIANAK
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

Analisis, Kemampuan Berfikit Kreatif, Penyelesaikan soal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Al-Ma’arif Pontianak dalam menyelesaikan soal pada materi operasi bilangan bulat. Kemampuan pemahaman berfikir kreatif konsep matematis memiliki satu aspek dalam membantu memberikan pemahaman terhadap keberhasilan siswa saat belajar. Aspek tersebut yaitu; Berpikir lancar, Berpikir keaslian, Berpikir terperinci, Berpikir Keluwesan. Pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan teknik tes(instrument soa), wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan adalah 3 butir soal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Al-Ma’arif Pontianak sebanyak 9 orang yang dilaksanakan pada tanggal 10 juni 2023, kemudian dipilih 3 siswa sebagai perwakilan subjek penelitian berdasarkan kategori kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu tinggi,sedang dan rendah kemudian dilanjutkan dengan kegiatan wawancara medalam. Data kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa di Al-Ma’arif Pontianak memiliki kemampuan berfikir kreatif yang bervariasi antar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifani, N. H., Sunardi, S., & Setiawani, S. (2015). Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 6 Jember, SMP Al Furqan 1, SMP Negeri 1 Rambipuji, dan SMP PGRI 1 Rambipuji. Kadikma, 6(2).

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kemdikbud. 2014. Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta Makalah Disajikan PadaKonferensi Nasional Matematika XV NIMA Manado, 30 Juni – 3 Juli 2010.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muflikhah, D. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP).

Partnership for 21st Century. 2009. Framework for 21st Century Learning. [Online] tersedia: http:// www. p21.org/about-us/p21-framework. Diakses pada 20 Mei 2023

Risnanosanti. (2009, December). Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu Email: rnosanti@ yahoo. com. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 441).

Siswono, T.Y.E. (2011). Level Student’s Creative Thinking in Classroom. Academic Journal, 6 (7): 548-553.

Yani, A. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta CV.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Jupi, J., & Saputro, M. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BULAT KELAS VII MTS AL- MA’ARIF PONTIANAK. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(2), 613–621. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/547

Issue

Section

Articles