ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 BADAU

Authors

  • Andrea Novianti IKIP PGRI PONTIANAK
  • Reni Astuti IKIP PGRI PONTIANAK
  • Sandie Sandie IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Resiliensi Matematis, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Badau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 24 orang siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Badau yaitu dengan siswa berkemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah angket resiliensi matematis, panduan observasi untuk mengamati resiliensi matematis siswa, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat resiliensi matematis berpengaruh pada tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Andrea Novianti, IKIP PGRI PONTIANAK

Program Studi Pendidikan Matematika

Reni Astuti, IKIP PGRI PONTIANAK

Program Studi Pendidikan Matematika

Sandie Sandie, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Ansori, A. 2020. Analisis Kemampuan Resiliensi dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 353-362.Fatimah, A. E., & Purba, A. (2021). Meningkatkan Resiliensi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Dasar melalui Pendekatan Differentiated Instruction. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 42-49.

Fatimah, A. E., & Purba, A. (2021). Meningkatkan resiliensi matematis mahasiswa pada mata kuliah matematika dasar melalui pendekatan differentiated instruction. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 42-49.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Ketaren, D. R. (2021). ANALISIS PENGARUH RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP IT AR-RASYID (Doctoral dissertation, UNIMED).

Kholil M., & Putra, E.D. 2019. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape. Indonesian Journal Of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 53-64.

Rosa, V., dkk. 2021. Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Resiliensi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. JURNAL ALPHAEUCLIDEDU: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UNTAN, 2(1), 101-112.

Sari, R.A., & Untarti, R. 2021. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Education Journal, 3(1), 30-39.

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30-46.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Bistari Basuni. 2017. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13-20.

Zanthy, L. S. 2018. Kontribusi Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85-94.

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Novianti, A., Astuti, R., & Sandie, S. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 BADAU. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(2), 591–602. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/545

Issue

Section

Articles