Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMPTK SETIA Pontianak

Authors

  • Kristina Wahyu IKIP PGRI Pontianak
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Analisis, Hambatan Belajar, Kubus dan Balok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan melihat hambatan belajar epistemologi, pemahaman konseptual dan pemahaman prosedural siswa terhdapat matematika pada meteri kubus dan balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPTK SETIA Pontianak. Pada penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa masih terdapat siswa yang kurang fokus dalam memperhatikan materi kubus dan balol, sulit mengingat rumus dikarenakan kurang pemahaman konsep dasar sehingga kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan.

Author Biography

  • Marhadi Saputro, IKIP PGRI Pontianak
    Program Studi Pendidikan Matematika

References

Effendi, K. N. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kela VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 87.

Hidayah, A., & Maemonah. (2022). Analisis Hambatan Belajar Siswa kelas IV Pada mata pelajaran Matematika. Symmctry Journal, 234.

Hidayat, A., Indarawati, N., & Aprisal. (2022). Identifikasi Kesalahan Siswa Memahami Konsep Matematika Pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1.

Hotipah, P., Setiani, Y., & Fakhrudin. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Pendidikan Matematika, 1975.

Hotiqah, P., Yani, S., & Fakhrudin. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Pendidikan Matematika, 1969 - 1975.

Indrawati, F. (2019). Hambatan Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 63.

Indrawati, F. (2019). Hambatan Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 62-63.

Indrawati, F. (2019). Hambatan Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 66.

Junitasari, & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Kubus dan Balok. Mathematics Education Journal, 24.

Lestari, I. (2012). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 117.

Panjaitan, M., & Herman, T. (2022). Analisis Karakteristik Hambatan Belajar Siswa Kelas VI SD Pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Ilimiah Pendidikan Matematika, 393.

Panjaitan, M., & Herman, T. (2022). Analisis Karakteristik Hambatan Belajar Siswa Kelas VI SD Pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 396 - 400.

Downloads

Published

2023-07-14

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1-10 of 73

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)