ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Authors

  • Agustina Genda IKIP PGRI PONTIANAK
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematis, Perbedaan Gender, Segiempat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi segiempat jika ditinjau dari perbedaan gender yang lebih paham. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu, terdapat siswa laki-laki dapat memenuhi indikator menyatakan ulang sebuah konsep, indikator memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep sudah termasuk kategori tinggi; indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep,  menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu termasuk kategori rendah. Siswa perempuan dapat memenuhi indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan indikator, memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep termasuk kategori tinggi; indikator mengklasifikasikan objek sesuai konsepnya berdasarkan prasyarat yang membentuk konsep tersebut termasuk kategori tinggi; indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu termasuk kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Agustina Genda, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

References

Cimpian, J., Lubienski, S., Timmer, J., & Makowski, M. (2016). The Myth about boys' achievement : Stereotypes, gender disparities, and the role of education policy. Peabody Journal of Education .

Diani, S., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Setelah Memperoleh Pembelajaran Discovery Learning. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika.

Dyana, M., & Fitrah, A. (2014). Keberagaman Kognitif Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning di SMP . Jurnal Pendidikan Matematika.

Hakim, I., & Ramlah. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Journal Unsika.

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.

Hofmann , O., & Suchlitz, R. (2019). Gender Differences in the Understanding of Mathematical Concepts . Journal of Educational Psychology.

Komariyah, S., Afifah, D., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA.

Mayasari, D., & Habeahan, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Noor, A., Nashihin, H., & M. M. (2022). Teori dan Analisis Wacana Keadilan serta Kesetaraan Gender pada Perempuan. Innovative Education Journal .

Rahayu, D. (2016). Pembelajaran dengan strategi seaarch-solve-create-share untuk melatih keterampilan dasar mengajar matemaatika. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika.

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika).

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaifar, M., Maimunah, & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendiki : Jurnal Pendidikan Matematika.

Winata, R., & Friantini, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender. AlphaMath : Journal of Mathematics Education.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Genda, A., & Saputro, M. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(2), 622–635. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/530

Issue

Section

Articles