Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Belajar
Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan soal matematika menggunakan Langkah-langkah polya, serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesalahan dalam memecahkan soal matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Sungai Raya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini meliputi: Subjek dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik cenderung mampu memahami masalah dengan baik, mampu menyelesaikan soal yang diberikan, dan mampu merencanakan pemecahan masalah dengan tepat, namun dari ketiga subjek ini cenderung memiliki perbedaan masing-masing dalam memeriksa Kembali jawaban yang telah dikerjakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hari, M. A. (2018). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman, 28-34.
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendikiawan: Jurnal Pendidikan Matematika, 178-186.
Midawati, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Education FKIP UNMA, 831-837.
Nurojab, Supriatin, E., & Andika Sari, V. T. (2019). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 329-360.
Polya, G. (1985). How to slove It: A New Aspect of Mathematics Method. New Jersey: Princenton University Press.
Rhyana , R. D., Hendroanto, A., & Hen, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII ditinjau dari gaya belajar siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 31-41.
Saputro, M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 152.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Sistem pendidikan nasional. Jakarta: CV. Eko Jaya
Wasida, M. R., & Hartono, H. (2018). Analisis kesulitan menyelesaikan soal model ujian nasional matematika dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 82-95.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.