VALIDITAS PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN TEKNIK SACAFFOLDING MATERI KUBUS DAN BALOK

Authors

  • Syamsi Hidayah IKIP PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

LKPD, Pendidikan karakter, dan kevalidan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan bahan ajar matematika yang berupa LKPD berbasis pendidikan karakter di kelas VIII A SMPN 1 Teluk Pakedai,yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dari Branch (2009:2), 5 prosedur pengembangan yaitu: a)Tahap Analysis, b)Tahap Design, c)Tahap Development, d)Tahap Implementation, e)Tahap Evaluation. Penelitian ini hanya sampai pengembangan bahan ajar yang menghasilkan produk dan penelitian ini tidak dilakukan implementasi secara luas. Kemudian perangkat pembelajaran di uji validitasnya. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendidikan karakter yaitu 80,07% yakni dengan kriteria “VALID”. Oleh karena itu bahan ajar matematika berbasis pendidikan karakter layak digunakan di kelas VIII SMPN 1 Teluk Pakedai. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syamsi Hidayah, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Matematika

Yadi Ardiawan, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Matematika

Utin Desy Susiaty, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDKAN MATEMATIKA

References

Abidin, Y. (2013). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design : The ADDIE Approach. New York: Spinger.

Fadilah Dkk. 2021. Pendidikan Karakter. Jawa Timur : CV.Agrapana Media.

Ibrahim. (2011). Pengembangan bahan ajar matematika sekolah berbasis masalah terbuka untuk memfasilitasi pen/capaian kemampuan berfikir kritis dan kreatif matematis siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 122-132.

Muku, D. A. E., Fadillah, S., & Haryadi, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Karakter dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 159-171.

Sari, N., & Surya, E. (2017). Efektivitas penggunaan teknik scaffolding dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 07(01), 1–10

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Hidayah, S., Ardiawan, Y., & Susiaty, U. D. (2023). VALIDITAS PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN TEKNIK SACAFFOLDING MATERI KUBUS DAN BALOK. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(1), 562–570. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/520

Issue

Section

Articles