PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI TINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Juleha Juleha, Yudi Darma, Hartono Hartono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kreativitas belajar siswa dalam materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Jagoi Babang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimental design dengan rancangan faktor 2x3. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran reciprocal teaching yang memberikan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional pada materi segiempat; (2) Siswa dengan kreativitas belajar tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sama baik, pada siswa dengan kreativitas belajar sedang atau rendah pada materi segiempat, siswa dengan kreatifitas belajar sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sama baik dari pada siswa yang memiliki kreativitas rendah pada materi segiempat; (3) Pada model pembelajaran reciprocal teaching, kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kreatifitas belajar tinggi sama baik dengan kreatifitas sedang dan sama baik dengan kreatifitas remdah; (4) Pada kreativitas belajar tinggi, sedang dan rendah, model pembelajaran reciprocal teaching memberikan kemampuan pemecahan masalah yang sama baik dengan model pembelajaran konvensional pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Jagoi Babang.


Keywords


Reciprocal Teaching, Pemecahan Masalah Matematis, Kreativitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Ayda, E. & Widjajanti, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Media Berbantuan Komputer. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 216-226.

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial: Teori Konsep Dasar dan impelementasi Edisi Baru. Bandung: Alfabeta.

Hodiyanto, Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Maematis, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334

Oktaviana, D. dan Susiaty, U. D. (2018). Desain Aplikasi Media Pembelajaran untuk Membantu Pemahaman Siswa Tentang Konsep Geometri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1), 18-26.

Oktaviana, D. dan Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 186-191.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.