KONTRIBUSI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI OPEN CLASS DENGAN PENDEKATAN STEAM
Keywords:
kontribusi, guru, pembelajaran kelas, STEAMAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi guru dalam pembelajaran di kelas melalui pendekatan STEAM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sungai Kunyit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sudah baik, dan siswa sudah sangat antusias dalam mendengarkan, menyimak, bertanya dan mengerjakan tugas serta mempresentasikan hasil kerja kelompok masing-masing.Downloads
References
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Estriyanto, Y. (2020). Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Techology, Engineering, Art, and Mathemathics) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Di Pacitan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 68–74. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45124
Gunawan, W., & Karyono, H. (2015). Kontribusi Peran Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi. Tahun XI, 20, 17–26.
Harimurti, S. M. (2019). Penerapan Open Class Pada Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi di Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Prodi Farmasi FMIPA UII. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(1), 89–99. https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss1.art8
Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275–281. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3561
Hikmawati, Jufri, iA. W., & Sutrio. (2018). Simulasi Kegiatan Lesson Study Sebagai Upaya Untuk Mengembangkan Profesionalisme Pendidik. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2018), 215–222.
Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 3–11. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin
Mardlotillah, A. N., Suhartono, & Dimyati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Steam Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Kelas V Mi Hidayatul Mubtadi’in Jagalempeni. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2), 157–167.
Mujiburrahman, M. (2015). Kontribusi Guru Pai Dalam Pembinaan Etika Berpakaian Islami Siswa Sman Kota Sabang. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 14(2), 261. https://doi.org/10.22373/jiif.v14i2.333
Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285
Nurhasanah, A., & MS, Z. (2021). Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 204. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20309
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurhidayat, M. F., & Asikin, M. (2021). Modul Matematika Inovatif Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(2), 151–165.
Pratama, V. R., Purwantono, Indrawan, E., & Rahim, B. (2022). Kontribusi Guru Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelarajaran Pada Mata Diklatdasar-Dasar Padang Teachers Contribute To Improving Students ’ Creativity in Thelearning Process in Training Eye Class Machine Basics At Vocational Flight. VOMEK, 4(2), 46–49.
Sumiati, S. (2018). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 145–164. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1599
Tumulo, T. I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 02(2), 437–446.
Wachidi, & Sudarwan. (2021). Pelatihan Penggunaan Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek dan Bahan Loose Parts pada Guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(1), 57–61.
Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Sastra Agustika, G. N. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152–161. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45370