KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISTEMATIS DAN INTUITIF

Authors

  • Susana Hedyati Banko Kasuduputi IKIP PGRI Pontianak
  • Muchtadi Muchtadi IKIP PGRI Pontianak
  • Reni Astuti IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Kemampuan representasi matematis, gaya kognitif, sistematis, intuitif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMK dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif sistematis dan intuitif. Subjek dalam penelitian ini, yaitu dua siswa kelas X TKJ 3 yang terdiri dari satu siswa bergaya kognitif sistematis dan satu siswa bergaya kognitif intuitif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes gaya kognitif, tes kemampuan representasi matematis dan pedoman wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data yang melalui tahapan, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan siswa yang bergaya kognitif sistematis mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan representasi simbolik, mampu menyelesaikan masalah dan menyajikan kembali suatu representasi ke representasi visual, mampu menyelesaikan masalah menggunakan representasi verbal dalam bentuk kata-kata secara lisan atau teks tertulis. Sedangkan siswa yang bergaya kognitif intuitif mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan representasi simbolik, mampu menyelesaikan masalah dan menyajikan kembali suatu representasi ke bentuk representasi visual berupa diagram batang, serta siswa tidak mampu menyelesaikan masalah menggunakan representasi verbal dalam bentuk kata-kata secara lisan atau teks tertulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chen, S. Y., & Chang, L.-P. (2014). The Influences of Cognitive Styles on Individual Learning and Collaborative Learning. Innovations in Education and Teaching International, 53(4), 458–471.

Christoper, A., & Hayes, J. (2012). The Cognitive Style Index-Technical Manual and User Guide. Pearson.

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat”. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49–57.

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif, 7(2), 145–152.

Hidayat, A. F., Amin, S. M., & Fuad, Y. (2017). Profil Penalaran Proporsional Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Sistematis dan Intuitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif, 8(2), 162–170.

Jena, P. C. (2014). Cognitive Styles and Problem Solving Ability of Under Graduate Students. International Journal of Education and Psychological Research, 3(2), 71–76.

Kartini. (2009). Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Keen, P. W. G. (1974). Cognitive Style and The Problem Solving Process: An Experiment.

Manoy, J. T. (2018). Elementary Students’ Representations in Solving Word Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 012017.

Martin, L. P. (1998). The Cognitive-Style Inventory. The Pfeiffer Library, 8(2), 1–18.

Polya, G. (1973). How To Solve It A New Aspect of Mathematical Metod (Second Edition). Princeton University Press.

Wigati, & Sutriyono. (2017). Deskripsi Pengggunaan Otak Kiri dan Otak Kanan Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bagi Siswa SMP. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(10), 1021–1030.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Kasuduputi, S. H. B., Muchtadi, M., & Astuti, R. (2023). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISTEMATIS DAN INTUITIF. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(1), 533–544. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/508

Issue

Section

Articles