PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ETNOMATEMATIKA JAJANAN PASAR TRADISIONAL KOTA PONTIANAK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Authors

  • Cristhoper Noveno Ambertaso Putra
  • Muchtadi Muchtadi
  • Hartono Hartono

Keywords:

Lembar Kerja Siswa, Etnomatematika, Bangun Sisi Datar

Abstract

Penilitan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa Etnomatematika Jajan Pasar Tradisional Kota Pontianak pada materi bangun ruang sisi datar yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan. Penelitian ini menggunakan model rancangan 4D, yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu define (definisi), design (perancangan), development (pengembangan), tanpa menggunakan tahap keempat yaitu disseminate (penyebaran), karena hal ini merujuk kepada tujuan awal dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan media yang valid, praktis dan efektif yang terdapat pada langkah ketiga pengembangan model ini yaitu development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Suster Pontianak dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket, dan tes soal. Berdasarkan hasil penelitian yang pertama adalah validasi Lembar Kerja Siswa Etnomatematika yaitu dengan nilai rata-rata dari kegita ahli sebesar 84,76% dalam kriteria sangat valid dengan kategori sangat baik. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket yang diisi guru diperoleh persentase sebesar 97% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan untuk melihat keefektifan media pembelajaran lembar kerja siswa berbasis etnomatematika yang dibandingkan dengan indeks skala likert, dengan persentase 81,11% dalam kriteria sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananstasia, S. C., Budyartati, S., & Chasanatun, T. W. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis ethonamtematika budaya jawa untuk siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 25-31.

Cahyono, A. D., & Budiarto, M. T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 9(2).

Marsigit, M., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.

Huda, N. T. (2018). Etnomatematika pada bentuk jajanan pasar di daerah istimewa yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217-232.

Lestari, N. (2018). Prosedural mengadopsi model 4D dari Thiagarajan suatu studi pengembangan LKM bioteknologi menggunakan model PBL bagi Mahasiswa. Jurnal Teknologi, 1(1), 56-65.

Rahmani, Z., Farkhatin, N., & Ningsih, R. (2022, January). Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Paud Godwilling Mampang Depok Berbasis Java Menggunakan Metode R&D. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1).

Tandililing, E. (2011). Peningkatan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian BelajarSiswa SMA Melalui Strategi PQ4R Disertai Bacaan Refutation Text. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 11-22.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Putra, C. N. A., Muchtadi, M., & Hartono, H. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ETNOMATEMATIKA JAJANAN PASAR TRADISIONAL KOTA PONTIANAK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(1), 545–553. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/491

Issue

Section

Articles