PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Monika Kartres IKIP PGRI PONTIANAK
  • Muhammad Firdaus IKIP PGRI PONTIANAK
  • Marhadi Saputro IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

Quantum Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP 8 Putussibau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis sebelum diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 8 Putussibau adalah 46,77 dengan kriteria gagal; (2) Rata-rata kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 8 Putussibau adalah 70,31 dengan kriteria baik; (3) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberikannya model pembelajaran Quantum Teaching pada materi system persamaan linier dua variable di kelas VIII SMP 8 Putussibau.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Monika Kartres, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Muhammad Firdaus, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Marhadi Saputro, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

References

Ambarwati, M. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Strategi Think Talk Write (TTW). Jurnal Pedagogia, 5(2), 239-245.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamzah, A. dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nawawi, H. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada. University Press.

Nugroho, I. A. 2013. Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Oktaviana, D. dan Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 186-191.

Oktaviana, D., Prihatin, I, dan Fahrizar. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Kemamuan Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1-11.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang: Implementasi Kurikulum 2013.

Sari, M, dkk. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Vektor yang Direpresentasikan dalam Konteks yang Berbeda pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(4), 17-25.

Subana, M. dan Sudrajat. 2005. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-01-05

How to Cite

Kartres, M., Firdaus, M., & Saputro, M. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(2), 147–156. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/49

Issue

Section

Articles