ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

Authors

  • Fransiska Narta IKIP PGRI PONTIANAK
  • Reni Astuti IKIP PGRI PONTIANAK
  • Jamilah Jamilah IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

Kemampuan Berfikir Kritis, Tahapan Newman, Soal Cerita.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan Newman pada materi operasi bilangan pecahan campuran kelas VII SMP Negeri 01 Sengah Temila. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan bentuk penelitiannya studi kasus, kemudian yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa yang terbagi berdasarkan tiga kriteria kemampuan berfikir kritis berdasarkan tahapan Newman yaitu tinggi, sedang, dan rendah yang ditentukan berdasarkan standar deviasi. Newman sendiri merupakan cara menganalisis kesalahan siswa yang terjadi pada soal berbentuk uraian yang terdiri dari kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa dengan kriteria tinggi 22,44% sebanyak 3 orang siswa, kriteria sedang 76,53% sebanyak 24 orang siswa, dan kriteria rendah 1,02% sebanyak 3 orang siswa, sehingga dapat dikatakan kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 01 Sengah Temila berdasarkan tahapan Newman termasuk dalam kategori sedang

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fransiska Narta, IKIP PGRI PONTIANAK

Program Studi Pendidikan Matematika

Reni Astuti, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Jamilah Jamilah, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

References

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71-78.

Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371-378.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan Sumatra Utara: Wal ashri Publishing

Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).

Maleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, W., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 177-184.

Noviantari, P. S., & Suwija, I. K. (2020, July). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di Kelas X Mipa 4 SMAN 5 Denpasar. In Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2020 (pp. 172-180).

Purbonugroho, H., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1-7.

Siskandani, R., Novaliyosi, N., & Rafianti, I. (2020). Analisis Kesalahan Siswa pada Soal Kemampuan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 128-134.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Narta, F., Astuti, R., & Jamilah, J. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(2), 491–500. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/467

Issue

Section

Articles