PENGEMBANGAN VIDEO MOBILE LEARNING DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)
Keywords:
Pengembangan, Video Mobile Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video mobile learning dalam materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Tekarang yang mencapai tingkat kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan model rancangan pengembangan 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan, yaitu lembar validasi dan angket (angket respon guru dan siswa). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tekarang sebanyak 35 siswa. Berdasarkan hasil penenlitian yang pertama adalah validasi video mobile learning dengan rata-rata dari keempat ahli sebesar 83,41% dalam kriteria sangat valid. Setelah itu, dilakukan uji coba, maka didapatlah nilai kepraaktisan diperoleh persentase sebesar 91,08% dengan kriteria sangat praktis.
Downloads
References
Badden, M. S., & Wilkie, K. (2004). Chalengging Research in Problem Based Learning. London: Open University Press
Halonen. D. (2010). Problem Based Learning: A case study. Education Today, 5 (2): 31-39
Salmina, Mik, dkk. 2018. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy. Vol. 5 (1) 41 – 48
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833
Sumarmo, (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409-414.