PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SMART APPS CREATOR (SAC) DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL
Keywords:
Smart Apps Creator, Aritmatika Sosial, R&DAbstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan atau R&D dengan model yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluating. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli (validator) yaitu validator materi dan validator media. Serta subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Kakap. Cara pemilihan sampel menggunakan Sampling Purposive. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran awal dari proses pembelajaran, gambaran dari produk awal, mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan serta melihat produk akhir setelah direvisi. Tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis android berbantuan Smart Apps Creator (SAC) mencapai kriteria sangat valid dengan kevalidan materi mencapai 86,66% dan kevalidan media mencapai 86,98%. Tingkat kepraktisan media pembelajaran berbasis android berbantuan Smart Apps Creator (SAC) mencapai kriteria sangat praktis melalui angket respon guru yang mecapai 95,2% dan angket respon siswa mencapai 92,7%. Tingkat keefektifan media pembelajaran berbasis android berbantuan Smart Apps Creator (SAC) mencapai kriteria efektif melalui hasil test yang mecapai 62,5%Downloads
References
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Iwan. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Apk Builder Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25.
Jannah, I.M. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Matriks untuk Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sragen Berbasis Mobile Leaning. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kim, D., Rueckert, D., Kim, D., & Seo, D. (2013). Students Perceptions and Experiences of, 17(3), pp 52–73.
Labib, A., Hudallah, N., & Purbawanto, S. (2017). Efektifitas Implementasi Media Pembelajaran Edmodo pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Tegal. Edu Elektrika Journal, 6(2), 15–21.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Permendikbud. (2006). Undang-Undang Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Isi.
Robianto, A., & Wahono, M. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran, 2(2), 124-133.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2351
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.