PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Authors

  • Shans Pryana
  • Syarifah Fadillah IKIP PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konseptual, Gaya Belajar, Persamaan Garis Lurus

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai pemahaman konseptual matematis siswa dalam Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Gaya Belajar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tak langsung. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar angket, pedoman wawancara, dan tes soal berbentuk essay. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konseptual tidak dipengaruhi oleh gaya belajar siswa dalam materi persamaan garis lurus dikelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Hal ini ditunjukan dengan siswa dengan gaya belajar visual, auditori, maupun kinestetik memiliki kemampuan pemahaman konseptual yang beragam, ada yang tinggi/sedang, dan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syarifah Fadillah, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendiidkan Matematika

Yadi Ardiawan, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendiidkan Matematika

References

Depdiknas. (2006). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Ihsan. (2013). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Matematis dan Tipe Kepribadian. Jurnal Pendidikan Matematika.

Khairunnisa, Firdaus, M., dan Oktaviana, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII SMPIT Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 2(1), 71-80.

Perlis, P. (2017) Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Plisa, N., Hudiono, B., dan Astuti, D. (2015). Pemahaman Konseptual Siswa Ditinjau dari Tingkat KEmampuan Matematika Materi Aljabar di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1-12.

Rahman, I. F., Pomalato, S., dan Mohidin, A. D. (2018). Analisis Pemahaman Konseptual dan Kemampuan Prosedural Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa di SMP Negeri 1 Pinogaluman. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(1), 7-12.

Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. (Online) diakses 1 November 2020

Yuliana. (2016). Analisis Pemahaman Konseptual Matematis Dalam Materi Faktorisasi Suku Aljabar Ditinjau Dari Tingkat Kemampuandi Kelas VIII SMP Negeri 5 Ketapang. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2021-01-05

How to Cite

Pryana, S., Fadillah, S., & Ardiawan, Y. (2021). PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(2), 129–137. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/46

Issue

Section

Articles