PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS SISWA DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Shans Pryana, Syarifah Fadillah, Yadi Ardiawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai pemahaman konseptual matematis siswa dalam Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Gaya Belajar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mempawah Hulu tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tak langsung. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah lembar angket, pedoman wawancara, dan tes soal berbentuk essay. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konseptual tidak dipengaruhi oleh gaya belajar siswa dalam materi persamaan garis lurus dikelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Hal ini ditunjukan dengan siswa dengan gaya belajar visual, auditori, maupun kinestetik memiliki kemampuan pemahaman konseptual yang beragam, ada yang tinggi/sedang, dan rendah.


Keywords


Kemampuan Pemahaman Konseptual, Gaya Belajar, Persamaan Garis Lurus

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Ihsan. (2013). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Matematis dan Tipe Kepribadian. Jurnal Pendidikan Matematika.

Khairunnisa, Firdaus, M., dan Oktaviana, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII SMPIT Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 2(1), 71-80.

Perlis, P. (2017) Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Plisa, N., Hudiono, B., dan Astuti, D. (2015). Pemahaman Konseptual Siswa Ditinjau dari Tingkat KEmampuan Matematika Materi Aljabar di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1-12.

Rahman, I. F., Pomalato, S., dan Mohidin, A. D. (2018). Analisis Pemahaman Konseptual dan Kemampuan Prosedural Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa di SMP Negeri 1 Pinogaluman. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(1), 7-12.

Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. (Online) diakses 1 November 2020

Yuliana. (2016). Analisis Pemahaman Konseptual Matematis Dalam Materi Faktorisasi Suku Aljabar Ditinjau Dari Tingkat Kemampuandi Kelas VIII SMP Negeri 5 Ketapang. Skripsi IKIP PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.