HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUKHLISIN ANTIBAR MEMPAWAH TIMUR

Authors

  • Ade Sulastri Institut keguruan dan ilmu pendidikan PGRI Pontianak
  • Iwit Prihatin
  • Nurmaningsih Nurmaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode ex post facto. Bentuk penelitian adalah penelitian korelasional. Rancangan pada penelitian ini adalah penelitian Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin Antibar Mempawah. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin, Antibar Mempawah Timur yang berjumlah 62 orang. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A  MTs. Al-Mukhlisin yang berjumlah 31 siswa Sedangkan teknik pengumpul data yang digunakan yaitu  Komunikasi Tidak Langsung,  Teknik Pengukuran. Berdasarkan perhitungan korelasi yang telah peneliti jabarkan sebelumnya menunjukkan bahwa rhitung lebih besar daripada r tabel dengan pembanding 0,491   > 0,355. Maka dalam penelitian dapat  disimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, sehingga terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mukhlisin Antibar Mempawah Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Y., & Nurjannah, S. (2016). Hubungan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 1-17.

Amalia, W. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menyelesaikan masalah pada siswa SMA Aisyiyah 1 Palembang. Skripsi diterbitkan. Palembang : Jurusan Psikologi Islam UIN Raden Fatah.

Fidyatin, I. N. (2010). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas II MTSN Tembelang Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hardini dan Puspita, S. (2012) Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media)

Noor, N. A. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri dan Aktivitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika: Penelitian Di SMP Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 8(1), 47-62.

Rospitasari, dkk. (2017). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan menyelesaikan Masalah Matematika Siswa diSMP Bumi Khatilistiwa. Jurnal pendidikan dan pembelajaran (Online), (http://jurnal.untan.ac.id, diakses 22 september 2020).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Bandung: Alfabeta CV.

Supriadi, dkk. (2015). Analisis Proses Berfikir siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP AL Azwar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika (Online), Vol.3, No. 2, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, diakses 28 juli 2020 ).

Ventini, dkk. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dan sikap Terdapat pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Jakarta Timur.Jurnal Teknologi Pendidikan (Online), Vol.20,No.2, (http://journal.unj.ac.id, diakses 28 juli 2020).

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Sulastri, A., Prihatin, I., & Nurmaningsih, N. (2023). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUKHLISIN ANTIBAR MEMPAWAH TIMUR. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 5(1), 554–561. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/459

Issue

Section

Articles