ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN DI MTS AL HUDA MUBUNG
Keywords:
Kemampuan Metakognisi, LingkaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi dari indikator perencanaan, monitoring, dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII MTS AL HUDA MUBUNG dengan subjek penelitian berjumlah dua siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan metakognisi. Teknik analisis data yang digunakan diawali dengan pemberian tes kepada siswa, selanjutnya dari tes tersebut diberi skor dan dianalisis dari jawaban siswa tersebut. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pada subjek pertama yaitu A1 sudah dapat memenuhi setiap indikator dengan baik, sehingga kemampuan metakognisis siswa A1 tinggi. Sedangkan pada subjek selanjutnya yaitu A2, sudah mampu melakukan indikator pertama yaitu perencanaan, tetapi A2 tidak dapat menyelesaikan dua indikator lainnya yaitu pemantauan dan memeriksa kembali. Sehingga kemampuan metakognisis siswa A2 rendah.
Downloads
References
Alfiyah. N & Siswono. T.Y.E. (2014). Identifikasi Kesulitan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. MATHEdunesa, 3(2), 131–138.
Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatika, 1(2), 35–42. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/182
Fadhillah, S., & Aini, I. (2019). Analisis Kemampuan Metakognisi Matematis Dengan Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 587–593.
Khairunnisa, R., & Setyaningsih, N. (2017). Analisis Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, KNPMP II, 465–474. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/8833/PM-26 Rifda Khairunnisa dan Nining Setyaningsih hal 465-474.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Romli, M. (2012). Strategi Membangun Metakognisi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Aksioma, 1(2), 1–17. https://media.neliti.com/media/publications/176833-ID-strategi-membangun-metakognisi-siswa-sma.pdf
Safitri, P. T., Yasintasari, E., Putri, S. A., & Hasanah, U. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Model PISA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.941
Syahraini, R. (2019). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan. In fakultas keguruan dan ilmu pendidika universitas muhammadiyah sumatera utara medan. http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.03.034%0Ahttps://www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/19288/19711%0Ahttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf