ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VIII SMP

Authors

  • Riani Riani IKIP PGRI PONTIANAK
  • Muchtadi Muchtadi
  • Sandie Sandie

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Pemahaman Siswa, Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari pemahaman siswa pada materi bangun datar. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode deskriptif. Penggunaan metode deskriptif ini peneliti ingin mendeskripsikan atau menjelaskan kemampuan representasi visual, simbolik, dan verbel yang ditinjau dari pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Sengah Temila dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII (delapan). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik pengukuran dan teknik komunikasi langsung. Sedangkan untuk alat pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan representasi matematisnya masih rendah dengan persentase sebesar 43,36%. Siswa yang memiliki pemahaman tinggi dan sedang untuk kemampuan representasi matematisnya memiliki kriteria yang sama yaitu, sedang untuk visual, sangat rendah untuk simbolik, dan sangat rendah untuk verbalnya. Selain itu untuk siswa yang mempunyai pemahaman rendah kemampuan representasi matematisnya tergolong rendah untuk visual, sangat rendah untuk simbolik, dan sangat rendah untuk verbalnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyanti, A. P., Putri, O. R. U., & Zukhrufurrohmah, Z. (2019). Analisis Kesalahan Representasi Simbolik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 382.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. RINEKA CIPTA.

Handayani, H., & Juanda, R. Y. (2019). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sumedang Selatan. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 87–90.

Hartono, H., Firdaus, M., & Sipriyanti, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Dalam Materi Fungsi Dengan Pendekatan Open Ended Pada Siswa Kelas VIII MTS Sirajul Ulum Pontianak. Eksponen, 9(1), 08–20.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25.

Mulyaningsih, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. 9.

Natalia, S. (2020). Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Matematika Ditinjau Dari Pengerjaan Soal Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(2), 148.

Putra, Harry Dwi, et al. (2018) "Kemampuan pemahaman matematis siswa smp di bandung barat." JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika) 11(1)

Rahmadian, dkk. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). 2(6).

Rukin, R. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahamar Cendekia Indonesia.

Rusfiana, M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. 10.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(10).

Suwartono, D. (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian. ANDI OFFSET

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. 7.

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S, Fauziah, I. R., Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

Riani, R., Muchtadi, M., & Sandie, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VIII SMP. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(2), 442–451. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/421

Issue

Section

Articles