ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA SOAL GARIS DAN SUDUT BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 11 SUNGAI AMBAWANG

Authors

  • Lifia Yusnidar IKIP PGRI Pontianak
  • Crysanti Lala

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep, Pengajaran, Pembelajaran Kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada soal garis dan sudut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 11 Sungai Ambawang yang berjumlah 4 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu sampel diambil dengan maksud atau tujuan tertentu. Prosedur pembelajaran yang dipakai yaitu menggunakan pembelajaran tatap muka yang disesuaikan dengan tahapan-tahapan Contextual Teaching and Learning (CTL). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis yang terdiri atas 5 soal, kemudian didukung oleh wawancara kepada guru bidang studi tentang permasalahan yang dialami siswa, serta observasi aktivitas siswa untuk memperoleh data tambahan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada soal garis dan sudut pada 4 siswa kelas VII SMP Negeri 11 Sungai Ambawang terkategori rendah..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baroody, A. J., Feil, Y., Johson, A. R. (2007). An alternative reconceptualization of procedural and conceptual knowledge.Journal for Research in Mathematics Edducation, 38.115-131.

Ekaputri, Y. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep SiswaKelas VIII MTsN di Kabupaten Pesisir Selatan.Jurnal STKIP Pesisir Selatan, 1(1), 57-64.

Komalasari, K.(2012). The Effect Of Contextual Learning in Civic Education on Students’ Civic Skills. Internasional Journal for Educational Studies.

Mayani, D., Hasbi, & Baharuddin, P. (2014).Penerapan Metode Latihan Berstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat Kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Palu.Jurnal Elektronik Pendidian Matematika Tadulako, 2(1), 55-56

Puskur Dit PLP. (2003). Kurikulum 2004.Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar.Depdiknas. Jakarta.

Sartika, Dewi. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 29 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011.Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Soedjadi. 2003. Pembelajaran Matematika Berjiwa RME. Makalah Seminar Nasional PMRI di Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(1), 9-13

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Yusnidar, L., & Lala, C. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA SOAL GARIS DAN SUDUT BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 11 SUNGAI AMBAWANG. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(2), 417–431. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/420

Issue

Section

Articles