ANALISIS PENALARAN SPASIAL MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TES POTENSI AKADEMIK
Keywords:
Analisis, Penalaran Spasial, Tes Potensi AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam menyelesaikan tes potensi akademik (TPA). Penelitian ini dilakukan di IKIP PGRI Pontianak. Subjek penelitian adalah 20 orang mahasiswa semester 7. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa kemampuan spasial dengan kategori spatial perception, spatial visualization, mental rotation, spatial relation, dan spatial orientation dalam bentuk penalaran spasial tergolong cukup.
Downloads
References
Amstrong, T. (2013). Kecerdasan Mutipel di dalam kelas. PT Indeks.
Hafizin, M. Al, Tendri, M., & Kusumawati, N. I. (2018). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Geometri Kubus dan Balok Di Kelas IX SMP Negeri 03 Pulau Beringin. Nabila Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 61–65. http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/92
Haidar, A., Qana’a, M., & Wikusna, W. (2017). Aplikasi Tes Potensi Akademik Berbasis Web. E-Proceeding of Applied Science, 3(2).
Lowrie, T., Logan, T., & Ramful, A. (2017). Visuospatial training improves elementary students’ mathematics performance. British Journal of Educational Psychology, 87(2), 170–186.
Mukaromah, S. ., & Hasyim, M. (2017). Pengaruh Kemampuan Verbal, Numerik, Dan Spasial Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 3(1), 94–107.
Nofianti, L., Sugiarti, T., & Susanto. (2015). Kecerdasan Visual-Spasial dan Logika Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri Siswa Kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–7.
Pratama, B. H. A., & Sujatmiko, B. (2018). Analisis Pengaruh Nilai Tes Potensi Akademik Pada Evaluasi Pemrograman Dasar Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Pemrograman. Jurnal IT-EDU, 03(01), 218–226.
Riastuti, N., Adamura, F., & Lusiana, R. (2016). Analisis Kecerdasan Spasial Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 362–372.
Saputra, M. H. Y., Arthana, I. K. R., & Santyadiputra, G. S. (2016). Simatik : Aplikasi Simulasi Bank Soal Tes Potensi Akademik (TPA) Berbasis Multi Platform. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 5(2), 823–832. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v5i2.8621
Septia, T., Prahmana, R. C. I., Pebrianto, & Wahyu, R. (2018). Improving Students Spatial Reasoning With Course Lab. Journal on Mathematics Education, 9(2), 327–336. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.3462.327-336
Siswanto, R. D., & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Geogebra. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1196
Subroto, T. (2012). Kemampuan Spasial (Spatial Ability). In Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 252–259.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. In Bandung:Alfabeta. Alfabeta.
Sutikno, Z. R. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Spasial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Memahami Sifat, Bagian-Bagian Serta Menentukan Ukuran Kubus Dan Balok Kelas IX SMP Negeri 2 Patianrowo. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2–7.