ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS

Authors

  • Nurhayati Nurhayati IKIP PGRI PONTIANAK
  • Jamilah Jamilah IKIP PGRI PONTIANAK
  • Reni Astuti IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal HOTS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang siswa kelas XI MAN 2 Kapuas Hulu. Instrumen yang digunakan adalah soal HOTS dan wawancara. Langkah dalam penelitia diawali dengan observasi lapangan dan meminta izin pihak sekolah, selanjutnya memberikan tes kepada siswa dan melakukan wawancara, setelah data terkumpul dimulai analisis dari peneliti dan melakukan penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek hanya memenuhi 1 dari 4 indikator pemecahan masalah dalam mneyelesaikan soal HOTS tipe C4 dan C5. Siswa dapat memenuhi syarat pada tahap memahami masalah dengan dapat menuliskan informasi yang terdapat pada soal. Sedangkan untuk tahap merencanakan masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali siswa tidak dapat memenuhi syarat tiap indikator dengan baik. Subjek salah dalam membuat rencana dan tidak dapat melaksanakan rencana serta tidak mengevaluasi soal dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa rendah dalam menyelesaikan soal HOTS tipe C4 dan C5

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018) . Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53-64.

Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31-41.

Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas IX dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 252–266. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6132

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. In N. F. Atif (Ed.), Refika Aditama (1st ed.). Refika Aditama.

Hidayati, A. U. (2017). MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendidikan Dan Pebelajaran Dasar, 4(20), 143–156.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27

Irawati, T. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Gammath, 3(2), 1–7.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Maulidyana, & Zuhdi, U. (2018). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Muatan Materi Ips Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Sdn Gempol 3 Pasuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 177–186.

Noviyana, H., & Fitriani, D. (2019). PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. prosiding Sesiomadika, 2(1c), 829.

Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). KEMAMPUAN PROBLEM-SOLVING MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATERI FUNGSI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Nurhayati, N., Jamilah, J., & Astuti, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(2), 407–416. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/414

Issue

Section

Articles