ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MATERI SPLTV

Authors

  • Nadia Nadia IKIP PGRI PONTIANAK
  • Reni Astuti
  • Iwit Prihatin

Keywords:

Kesulitan kemampuan pemahaman konsep matematis, self confidence, SPLTV

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah studi kasus. Adapun kasus yang ingin diteliti adaah kesulitan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence pada materi sistem persamaan linier tiga variabel siswa kelas X SMA Negeri 1 Galing.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Galing jalan Raya Galing, Desa Galing, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas. Instrumen yang digunakan berupa tes, wawancara, dan angket wawancara. Adapun yang akan menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Galing tahun ajaran 2021/2022. Pada penelitian self-confidence tinggi dengan kode B34 diperoleh kesimpulan bahwa B34  tidak mengalami kesulitan kemampuan pemaham konsep matematis dimana siswa B34 mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari, dan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep. Pada penelitian self-confidence sedang dengan kode B17 memiliki kemampuan pemaham konsep matematis hanya saja masih belum maksimal. Pada penelitian self-confidence rendah dengan kode B1 mengalami kesulitan kemampuan pemahaman  konsep matematis pada soal penelitian, dari hasil wawancara kepada siswa B1 mengalami kesulitan menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep yang dipelajari, dan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahru, M. S., & Rustan, E. (2018). Penguatan Self-Confidence dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Suggestopedia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1-14.

Darma, Y., Dede, S., & Yani, A. (2019). Analisis Data Statistik: Sebuah Pendekatan Praktis Pengolahan Statistik Bermuatan Karakter. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Haryono, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Predana-Media Group.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, 758-766.

Nurdini, S. (2017). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self-Confidence Melalui Model Realistic Mathematic Education Dan Model Problem Based Learning Terhadap Siswa SMP. Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasudan Bandung.

Ramadhani , K. L., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). MAJU, 448-453.

Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematika Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Sinaga, B., & dkk. (2016). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Balitbag, Kemdikbud.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Nadia, N., Astuti, R., & Prihatin, I. (2022). ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MATERI SPLTV. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(1), 398–406. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/409

Issue

Section

Articles