ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KPK DAN FPB MELALUI PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MTs MUJAHIDIN PONTIANAK

Authors

  • Sofia Abriani Sara Universitas IKIP PGRI Pontianak
  • Reni Astuti
  • Rahman Haryadi

Keywords:

Kemampuan awal matematis siswa, Analisis kesalahan, Prosedur Newman

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa pada faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi KPK dan FPB MTs Mujahidin Pontianak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian ini deskriptif, bentuk dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Mujahidin Pontianak yang terdiri dari 18 siswa yang mengikuti tes tertulis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan komunikasi langsung. Instrument penelitian dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan wawancara, instrument tersebut divalidasi dan diuji cobakan terlebih dahulu di MTs AL-IRSYAD Pontianak. Dari hasil penelitian terdapat kesalahan yang dilakukan siswa pada kemampuan awal tinggi berjumlah 6 siswa dengan persentase 43,36%, kemampuan awal sedang berjumlah 8 siswa dengan persentase 44,91%, dan kemampuan awal rendah berjumlah 4 siswa dengan persentase 11,72%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, T. (2010). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V Sd Se-Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Surakarta: FPMIPA IKIP PGRI Madiun.

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia, vol. 11, No, 1 (2008).

Brubacher, S.J. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Haji, S. (1994). Penyelesaian Soal Cerita pada Penjumlahan dan Pengurangan. Semarang: KKG Semarang. Jurnal Aksioma, 1(8),17-30.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematika. Jurnal Aksioma, 8 (1), 17-30.

Kamirullah (2015). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan RND. Bandung: Alfabeta.

Setiawati. (2011). Dasar-Dasar Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Supriyono, (2017). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Siregar, P. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di Smp Muhammadiyah 02 Medan. Skripsi. Medan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Sara, S. A., Astuti, R., & Haryadi, R. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI KPK DAN FPB MELALUI PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MTs MUJAHIDIN PONTIANAK. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(1), 365–376. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/404

Issue

Section

Articles