Pengembangan Alat Peraga Papan Positif Negatif Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Pada Siswa SMP

Authors

  • Desi Ratnasari
  • Muhamad Fidaus
  • Utin Desy Susiaty

Keywords:

Alat Peraga Papan Positif Negatif, Berbasis Masalah, Koneksi Matematis, Bilangan Bulat

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat peraga papan positif negatif berbasis masalah terhadap kemampuan koneksi matematis dalam materi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; dan (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal test. Angket digunakan untuk validasi ahli, respon guru dan respon siswa, sedangkan soal test digunakan pada penilaian kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini menghasilkan alat peraga papan positif negatif dengan tingkat kevalidan sebesar 94,67% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari angket respon guru dan siswa dengan rata-rata sebesar 92,16% dengan kriteria sangat praktis. Dan berdasarkan hasil posttest kemampuan koneksi matematis diperoleh keefektifan sebesar 78,12% dengan kriteria efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skilss dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: National Council of Teachers of Mathematics.

Windiastuti, Y. (2017). Pengembangan Alat Peraga Matematika Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Keping Bilbul untuk Kelas IV SD/MI. Skripsi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta: tidak diterbitkan

Downloads

Published

2019-09-19

How to Cite

Ratnasari, D., Fidaus, M., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan Alat Peraga Papan Positif Negatif Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Pada Siswa SMP. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 1(1), 54–62. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/40

Issue

Section

Articles