Pengembangan Alat Peraga Papan Positif Negatif Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Pada Siswa SMP
Keywords:
Alat Peraga Papan Positif Negatif, Berbasis Masalah, Koneksi Matematis, Bilangan BulatAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat peraga papan positif negatif berbasis masalah terhadap kemampuan koneksi matematis dalam materi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; dan (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal test. Angket digunakan untuk validasi ahli, respon guru dan respon siswa, sedangkan soal test digunakan pada penilaian kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini menghasilkan alat peraga papan positif negatif dengan tingkat kevalidan sebesar 94,67% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari angket respon guru dan siswa dengan rata-rata sebesar 92,16% dengan kriteria sangat praktis. Dan berdasarkan hasil posttest kemampuan koneksi matematis diperoleh keefektifan sebesar 78,12% dengan kriteria efektif.
Downloads
References
Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skilss dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: National Council of Teachers of Mathematics.
Windiastuti, Y. (2017). Pengembangan Alat Peraga Matematika Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Keping Bilbul untuk Kelas IV SD/MI. Skripsi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta: tidak diterbitkan