PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MATERI HIMPUNAN PADA SISWA SMP NEGERI 1 PARINDU

Authors

  • Ayu Selviani
  • Muhamad Firdaus
  • Utin Desy Susiaty

Keywords:

Representasi Matematis, Berbasis Masalah, Materi Himpunan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis dalam materi himpunan pada siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Parindu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parindu yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dengan alat pengumpul data tes representasi matematis. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik parametris. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 1 Parindu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asteria, W. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Representasi Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 3 Sekadau Hilir. IKIP PGRI Pontianak.

Depdiknas. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Goldin, A. (2002). Representation in Mathematical Learning and Problem Solving (Dalam Engl). Lawrence Erlbaun Associated, Inc.

Hartono, Firdaus, M., & Sipriyanti. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Fungsi dalam Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Jurnal Eksponen, 9(1), 9–20.

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Khairunnisa, Firdaus, M., & Oktaviana, D. (2020). Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas Vii Smpit Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(1), 71–80.

Masri, M. F., Suyono, S., & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2990

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nurhayati, Mardiana, N., & Rianti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Bahasa Indonesia guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 88–95.

Nuryani, A., Istihapsari, V., & Afriady, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 5(1), 23–30.

Rombe, Y. P., -, M. M., Alberta, F., -, R. Y., & Surbakti, P. S. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Secara Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 67. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.38402

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Selviani, A., Firdaus, M., & Susiaty, U. D. (2022). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MATERI HIMPUNAN PADA SISWA SMP NEGERI 1 PARINDU. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(1), 336–344. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/394

Issue

Section

Articles